Cara Membuat File Sharing Dengan Samba di Ubuntu

Cara Membuat File Sharing Dengan Samba di Ubuntu

Cara Membuat File Sharing Dengan Samba di Ubuntu – Pada artikel ini saya akan melakukan sharing file dari linux Ubuntu ke komputer lain dan tentunya terhubung dengan internet pada saat instalasi. (jika sudah selesai di isntall bisa di gunakan di jaringan local atau jaringan public) dan dapat digunakan oleh sistem operasi apa saja contoh Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10 atau Linux, dll.

Samba adalah sebuah protokol file sharing. dan tidak hanya file sharing saja tetapi bisa juga di gunakan untuk printer, di buat untuk bisa saling berbagi file dan printer dengan komputer yang menggunakan sistem operasi windows, tidak hanya windows, system operasi Unix dan turunannya seperti linux Debian, Centos, Kali Linux, bsd, dan masih banyak lagi yang bisa menggunakan protokol samba ini. baik ikuti cara dibawah ini

Sebenarnya banyak yang sudah membahas Cara Membuat File Sharing Dengan Samba di Ubuntu, Cara Membuat File Sharing Dengan Samba di Debian dan lain-lain tapi tidak masalah 😀

Cara Membuat File Sharing Dengan Samba di Ubuntu:

( Tested  Linux Ubuntu 14.04 )

Langkah – pertama yaitu :

1. Install dulu samba di linux ubuntu 14.04 dengan perintah sebagai berikut :

2. setelah proses instalasi selesai, backup dulu konfigurasi default samba ( untuk menjaga-jaga jika nanti  terjadi kesalahan pada saat konfigurasi. membuat file backup smb.conf dengan nama smb.conf.bak

3. Setelah backup buka file konfigurasi samba dengan menggunakan Editor Vim, Nano atau Gedit

4. pada file ini kita akan menambahkan konfigurasi global untuk samba, tambahkan perintah dibawah ini pada akhir bagian file smb.conf

Konfigurasi di atas mendefinisikan bagaimana keamanan server dikelola, Server yang akan digunakan untuk menghubungkan dan workgroup yang ditugaskan ke server.
Setelah selesai memasukkan konfigurasi di atas dan simpan file lalu keluar.

Baca Juga:

Membuat file Sharing Samba dengan user tertentu

Samba menyediakan layanan dengan User-Mode dan Gues-mode (Anony Mode). Perbedaan antara kedua mode tersebut adalah sebagai berikut :

  • User Mode : merupakan mode yang hanya dapat mengizinkan user tertentu yang dapat mengakses file yang kita sharing / bagikan.
  • Guest-Mode (Anony Mode) : merupakan mode yang mengizinkan semua user / pengguna untuk mengakses semua file yang kita sharing.
  1. Cara Membuat File Sharing Dengan Samba Menggunakan User Samba : Guest-mode ( Anony Mode )

    Langkah – Langkahnya sebagai berikut :

  • Buatlah sebuah folder yang akan kita sharing, sebagai contoh saya akan membuat sebuah folder dengan nama admin di direktori home caranya cd /home lalu masukan perintah berikut :

Mkdir -p admin

  • Setelah direktori dibuat, pastikan untuk mengubah kepemilikan itu kepada siapa pun (hak akses). Hal ini memungkinkan setiap orang untuk memiliki akses ke sana. Untuk melakukan itu, jalankan perintah di bawah ini.

sudo chmod -R 0755 admin
sudo chown -R nobody:nogroup admin/

  • Aktifkan samba share untuk direktory admin dengan cara menambahkan perintah berikut di file /etc/samba/smb.conf ( ketikankan perintah : gedit /etc/samba/smb.conf ) atau dengan editor lain, pada bagian path : ahmad adalah nama user saya admin adalah directory yang akan saya sharingkan.

[sharing]
path = /home/ahmad/admin
browsable = yes
writable = yes
guest ok = yes
read only = no

  • Restart Service samba dengan perintah

sudo service smbd restart

  • Sampai tahap ini saya kira untuk konfigurasi Guest-mode sudah selesai, sekarang coba cek file sharing anda melalui jaringan. semoga berhasil 😀

2. Cara Membuat File Sharing Dengan Samba Menggunakan User Samba: Mode User Mode

Tahap selanjutnya membuat folder sharing dengan mode User Mode yang artinya hanya orang tertentu saja yang dapat membuka folder ini.

Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Buat dahulu folder yang akan kita share dengan mode User-mode, sebagai contoh saya akan membuat sebuah folder / directory dengan nama ahmad di /home/ahmad/ ( keterangan : ahmad itu nama user pada laptop saya )

Sudo Mkdir -p ahmad

  • Setelah itu mari kita buat user khusus pada ubuntu kita yang nantinya akan kita berikan hak akses untuk dapat mengakses folder rahasia

useradd nurdaim

  • Kita buat nama group untuk kita gunakan sebagai user group yang nantinya akan dapat mengakses folder rahasia, sebagai contoh disini saya akan membuat dengan naman securedprivat

sudo addgroup securedprivat

  • Tambahkan user nurdaim kedalam group securedprivat

sudo usermod -a -G securedprivat nurdaim

  • Buatkan password samba untuk user nurdaim dengan perintah

sudo smbpasswd -a nurdaim

  • Kemudian ubah hak akses folder rahasia hanya untuk member securedprivat

sudo chown -R nurdaim:securedprivat client
sudo chmod -R 0770 client/

  • Ubah file konfigurasi samba di /etc/samba/smb.conf, kemudian tambahkan perintah berikut

[client]

path = /home/ahmad/client
valid users = @securedprivat
guest ok = no
writable = yes
browsable = yes

  • Simpan dan keluar dari file smb.conf, setelah itu restart service samba.

sudo service smbd restart

 

Sampai Tahap ini seharusnya anda sudah berhasil membuat file sharing samba dengan mode User-mode, silahkan cek melalui jaringan.:)

Terimakasih Telah Membaca Cara Membuat File Sharing Dengan Samba di Ubuntu Semoga Bermanfaat Selamat Mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *