Cara Menghilangkan Iklan Telkom di Website atau Blog kita

Cara Menghilangkan Iklan Telkom di Website atau Blog kita – Kali ini saya akan memberikan Tips Mengatasi Secret Ads Injection Script oleh Telkom (Indihome), untuk menghilangkan iklan di Website ataupun Blog Akhir-akhir ini banyak pemberitaan tentang adanya Ads Injection yang dilakukan oleh salah satu Pihak ISP terbesar di Indonesia.

Karena hal Tersebut bukanlah hal sepele karena Merugikan para pengguna dari ISP tersebut, namun parahnya pemilik situs Web maupun Blog Terkena juga ibasnya, yang mana salah-satu penghasilan mereka juga dari iklan kini loading website menjadi lemot dan terdapat iklan inject tadi, seperti gambar contoh dibawah iklan tidak di pasang tetapi muncul dengan sendirinya.

Cara Menghilangkan Iklan Telkom di Website atau Blog kita
Kenapa Ads Injection ini merugikan pemilik situs web ataupun blog? Script Ads Injection ini bekerja dengan cara me-replace iklan yang ada di halaman web (pemilik situs) dengan iklan yang dimiliki oleh ISP tersebut. Jadi para pengunjung situs yang menggunakan ISP tersebut tidak akan melihat iklan yang ditayangkan oleh pemilik situs, melainkan diganti dengan iklan milik ISP tersebut.

Baca Juga:

Cara Menghilangkan Iklan Telkom di Website atau Blog kita

ikuti cara dibawah ini dengan teliti 😀
Cara ini saya sarankan untuk para pemilik Web atau blog yang menjadi publisher iklan tentunya, sehingga tidak dirugikan karena adanya injek iklan ini web anda atau blog anda.
Cara ini saya dapatkan dari Web Kangsunu pada saat saya browsing.
1. Caranya adalah dengan menambahkan tag penutup HTML <!– </body></html> –> ekstra dibagian akhir halaman HTML, tepat sebelum kode </body></html> Ingat Sebelum Kode </body>
2. Tambahkan juga tag penutup <!– </head> –> letaknya sebelum kode </head>
Berikut adalah gambar screenshotnya.
Cara Menghilangkan Iklan Telkom di Website atau Blog kita

Bagaimana Cara Kerjanya?

Menurut info yang saya baca Dari blog Kangsunu teori optimasi halaman HTML, konvensi yang berlaku adalah menempatkan semua pemanggilan library javascript pada akhir halaman HTML, dan pemanggilan library stylesheet pada bagian awal halaman (bagian <head>). Sehingga ketika website ataupun blog diakses, browser bisa lebih dulu menyusun tampilan HTML dengan CSS, lalu proses manipulasi DOM dilakukan setelahnya.

Ini yang membuat website ataupun blog tampak lebih menarik bagi pengunjung. ISP tersebut menerapkan hal ini dalam hal injeksi script iklan. Mereka menaruh pemanggilan library javascript ads mereka pada bagian paling akhir halaman HTML. Praktiknya, mereka membaca sebuah halaman web ataupun blog lalu mencari tag </body> kemudian mereka replace dengan tag <script> mereka sendiri.

Cara ini akan mengakali teknik injeksi script yang dilakukan oleh ISP tersebut dengan mengurungnya (bahasa kerenya di Pager)  dalam sebuah comment statement.

Dalam HTML, untuk comment out sebuah baris HTML dilakukan dengan mengapitnya dengan tag pembuka <!-- dan tag penutup seperti ini -->. Dengan menambahkan elemen  <!-- </body></html> --> pada bagian akhir HTML, maka hasil injeksi Telkom akan dianggap sebagai HTML comment, dan tidak akan dieksekusi oleh browser.

Bagi yang Menggunakan WordPress

Untuk yang menggunakan wordpress teman-teman bisa mendownload pluginnya pada link dibawah ini, jadi teman-teman tidak usah repot-repot mengganti kode setiap themes.

Buat Sobat semuanya yang menemukan cara lain silakan tinggalkan di kolom komentar agar saya bisa mengupdate postingan ini oke.

Terimakasih anda sudah membaca Cara Menghilangkan Iklan Telkom di Website atau Blog kita 😀
jangan lupa share dengan yang lain.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *