Cara Install PPTP VPN di Server Debian

Cara Install PPTP VPN di Server Debian – langsung aja sob kali ini saya akan membahas  tentang cara install pptp vpn dan VPN itu banyak variannya Virtual Private Network, ada yang menggunakan OpenVPN, ada yang menggunakan Softether dan ada juga yang menggunakan PPTP VPN.

Sekarang kita akan mencoba menginstall PPTP VPN pada VPS Debian, saya mencobanya di VPS OpenVZ yang banyak digunakan, sebelum mempraktekkan sebaikanya kontak ke penyedia VPS masing-masing apakah VPS nya boleh diinstall PPTP VPN atau tidak. 😀

Sebelumnya mungkin ada yang belum tahu apa itu PPTP adalah singkatan dari Point-to-Point Tunneling Protocol, dan merupakan sebuah metode dalam implementasi penggunaan VPN.

VPN biasanya digunakan untuk menghubungkan kantor-kantor yang tersebar dibeberapa tempat dengan menggunakan akses internet. Namun, VPN juga dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti anonimity (menyembunyikan identitas) atau mem-bypass firewall (termasuk mem-bypass content filtering).
Kenapa Memilih PPTP VPN, karena kita dapat menghubungkan komputer langsung ke jaringan VPN tanpa menggunakan aplikasi tambahan, beda seperti Softether ataupun OpenVPN yang mengunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Install PPTP VPN di Server Debian dan Ubuntu

Langkah Pertama : Enable PPP

Masuk ke solusVM / panel VPS anda masing-masing lalu enable PPP nya, setelah klik enable PPP nanti VPS akan otomatis restart sendiri (Contoh gambar PPP sudah enable)

Cara Install PPTP VPN di Server Debian
www.myaspirasi.com

Langkah kedua :  Install PPTP

Jalankan perintah berikut ini untuk menginstallnya

Setelah selesai, ubah Setingan DNSnya dengan mengedit file pptpd-options (Bisa mengunakan editor selain Nano, contoh: Editor Vim)

Lalu tambahkan DNS berikut

Lalu save dengan menekan tombol CONTROL dan X bersamaan perintah ini digunakan untuk Editor Nano.

Lanjut lagi edit file pptpd.conf

Tambahkan baris

<vps-ip/ip_server_anda> ganti dengan VPS kalian.  Lalu save dengan menekan tombol CONTROL dan X bersamaan.

Selanjutnya restart VPN PPTP nya dengan perintah

Proses instalasinya sudah selesai. 😀

Langkah kedua : Konfigurasi network dan iptables

Kita enable kan IP Forwading di VPS kita terlebih dahulu, edit file sysctl.conf.

Hapus hash (tanda #) sebelum baris

Install PPTP VPN myaspirasi

hilangkan tanda # sebelum baris net.ipv4.ip_forward=1

Lalu reload setingan baru kita dengan perintah

Lanjut lagi, sekarang kita setting iptablesnya, untuk iptablesnya saya menggunakan setingan seperti ini, cukup jalankan perintah dibawah ini
Jangan lupa kita simpan/save konfigurasi iptables kita tadi agar setiap VPS kita direboot, kita tidak perlu setting iptablesnya lagi. IPTABLES PADA DEBIAN AKAN TERHAPUS JIKA KITA REBOOT, kecuali kalo kita save dengan perintah berikut

Setelah kita save, kita atur agar setiap reboot, VPS akan otomatis me-reload ulang setingan iptables kita.

Isi dengan baris berikut

Jangan lupa dibuat menjadi Executable filenya atau (Rubah hak aksesnya) dengan perintah

Langkah ketiga : Membuat user

Sudah selesai semua, sekarang kita buat user dan passwordnya. Untuk membuat user, kita edit fil echap-secrets dengan perintah dibawah

Kemudian masukkan user dan passwordnya, setiap user, password dan tanda bintang kita pisah dengan menekan tombol TAB pada keyboard, bukan spasi..!!! lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas.

Install PPTP di vps debian

Demikian Cara Install PPTP VPN di Server Debian semoga bermanfaat.
ada Pertanyaan silahkan komentar dibawah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *