2 Cara Backup Mikrotik dan Restore Mikrotik

2 Cara Backup Mikrotik dan Restore Mikrotik – Halo sob kali ini artikel tentang mikrotik hehe.., dongeng dulu sob.. kemarin ane lagi buka-buka mikrotik pake winbox gak sengaja ehh ke reset mampus dah ilang tu settingan gara-gara ngelantur wkwk… dan alhasil langsung buka google cari cara restore dan nemu caranya tapi lupa, kan belum di backup -_- .

dan berikut saya akan tulis caranya biar gak lupa, sebelum backup ada yang perlu sobat ketahui yaitu ada dua jenis backup settingan mikrotik, binary dan text. saya akan jelaskan satu persatu, kenapa wajib sobat ketahui, karena untuk mempertimbangkan kapan menggunakan backup/restore binary atau text.

2 Cara Backup Mikrotik

Berikut Penjelasan Binary dan Text
Backup binary adalah backup yang tidak dapat di edit, dan untuk membuatnya file backup dan restorenya sangat mudah

Backup Text adalah backup yang dapat di edit dan dapat di restore ke perangkat mikrotik yang berbeda tipenya dengan melakukan edit sedikit dengan text editor Anda seperti Notepad, Notepad++ dan lainya.
2 Cara Backup Mikrotik dan Restore Mikrotikbagaimana sob udah faham kan,.. Jadi dengan 2 Cara Backup dan Restore Settingan Mikrotik, mana yang sobat pilih?

Kelebihan dan Kekurangan Backup Mikrotik Binary dan Text

Masing-masing tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan, berikut kelebihan dan kekurangan 2 Cara Backup Mikrotik dan Restore Mikrotik.

Kelebihan Tipe backup binary adalah lebih mudah untuk restore ke perangkat baru dengan tipe atau model perangkat yang sama. Seperti contoh, jika anda mengganti RB951Ui-2HnD dengan RB951Ui-2HnD yang baru, backup binary dapat di restore dengan cepat dan 100% sama, dan  akan terkonfigurasi sama persis dengan perangkat sebelumnya.

Kekuranggan Tipe Backup Binary adalah Jika Anda backup kemudian restore ke tipe perangkat yang berbeda, mungkin tidak selalu mulus atau sama persis. seperti contoh jika anda restore dari file backup di RB951Ui-2HnD ke RB433, kebanyakan sedikit bermasalah di interface atau port, dan settingan lainnya. dan cara mengatasinya yang terbaik adalah backup berbasis text adalah  solusi / pilihan terbaik.

Berikut adalah 2 Cara Backup Mikrotik dan Restore Mikrotik

  1. Cara Backup Mikrotik dan Restore Mikrotik (Binary)
      • login Winbox terlebih dulu, kemudian klik menu “Files
      • Kemudian klik “Files” klik tombol “Backup“. kemudian berinama file backup, ceklis don’t Encrypt jika sobat tidak ingin memberikan password. Gambar contoh milik saya
        2 Cara Backup Mikrotik
        2 Cara Backup Mikrotik12 Cara Backup Mikrotik2
      • Setelah tombol backup sobat tekan akan muncul dalam Daftar Files. Drag file backup dari list ke harddisk komputer anda untuk disimpan, nama file “backup_routerku.backup”.

    Cara Restore Mikrotik Binary

    • Caranya tidak jauh berbeda dengan cara backup klik menu “Files
    • Jika file backup sudah ada di dalam list file dari backup sebelumnya, klik untuk memilih file backup tersebut dan klik tombol “Restore”. Router akan restart. Setelah restart, settingan sudah di kembalikan dari backup yang di restore.
    • Jika file backup mikrotik sobat ada diharddisk komputer Anda, cukup drag file tersebut dan drop ke jendela “Files” kemudian klik untuk memilih file backup tersebut dan klik tombol “Restore“. Router akan restart. Setelah restart, settingan sudah di kembalikan dari backup yang di restore.
  2. Cara Backup Mikrotik dan Restore Mikrotik (Text)
      • Untuk export settingan hanya bisa di lakukan di command prompt New Terminal.
        Buka New Terminal, ketik “export file=[nama file sobat]” saya contohkan

        Saat mikrotik membuat backup seluruh settingan “export” akan memakan CPU 100% proses ini tidak lama sampai file exportan sobat muncul di list “Files”.

        2 Cara Backup Mikrotik3

        Backup settingan berbasis text ini pun bisa hanya dalam beberapa segmen konfigurasi tertentu. Misalnya kita mau backup settingan IP Address saja, dalam terminal kita bisa ketik

    Cara  Restore atau Import Backup MikroTik (Text)

    • Pada WinBox, klik bagian => New Terminal
    • Drag/Copy file yang mau di import ke root directory “File List” mikrotik Anda.
      Di New Terminal, ketik.

Catatan*: Backup Restore Config MikroTik Berbasis Text di Rekomendasikan oleh Adam Rachmad jika restore dari backup text atau “export” agak sedikit memakan waktu untuk mengeditnya sebelum di import ke perangkat baru. Contohnya membersihkan settingan yang berbau dengan “MAC Address=“. Saya sarankan menghapus semua segmen konfigurasi tersebut, sehingga membuat restore lebih universal. Ketika anda impor, baris tersebut tidak diimpor karena alamat MAC tidak akan cocok dengan perangkat mikrotik baru.

Jika sobatada yang kurang faham bisa berkomentar dibawah 😀
Referensi saya dapatkan dari : Mas Adam Rachmad Website: http://www.modalsemangat.com

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *